Asmaul Husna

Ayat-ayat Al-qur'an



Kamis, 30 Januari 2014

Psikologi dan Internet dalam Lingkup Transpersonal


Selamat pagi teman-teman :)
Sepertinya sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini, untuk para pembaca saya ucapkan “Selamat Datang”, hihi,,, kayak resmi banget…
Kali ini saya akan membahas mengenai Global Brain dan peran internet sebagai mediasi yang memungkinkan terbentuknya berbagai model atau kondisi Consciousness dan dapat pula mendorong kolektif Unconsciousness.

Dari namanya saja udah bikin kepala muter-muter, hehe… slow << kita nikmati aja dulu pembahasannya
:)

Global brain itu opo sih ?
The global brain adalah konseptualisasi dari jaringan di seluruh dunia yang terbentuk oleh semua orang di planet ini bersama-sama dengan teknologi informasi dan komunikasi yang menghubungkan mereka menjadi cerdas, sistem yang mengatur dirinya sendiri. Sebagai internet menjadi lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih menyeluruh, semakin mengikat kita bersama-sama kedalam sistem pengolahan informasi tunggal, yang berfungsi seperti sistem saraf untuk planet Bumi.
Hem… paham-paham, berarti Global Brain itu gudangnya informasi tohh, sama seperti otak kita …

Lanjut ….
Peran internet sebagai mediasi yang memungkinkan terbentuknya berbagai model atau kondisi Consciousness dan dapat pula mendorong kolektif Unconsciousness.

Peran penting dari internet
Sebagai tempat mencari informasi, dan berbagi data atau berbagi pengalaman yang dituangkan langsung melalui internet. Internet disini berperan sebagai mediator atau wadah yang kemudian membentuk suatu kondisi Consciousness dan kolektif Unconsciousness.
Model of consciousness
Model of consciousness adalah penjelasan teoritis yang menghubungkan antara bagian kesadaran dalam otak manusia dan fenomena kesadaran.

Collective Unconsciousness
Collective unconsciousness adalah bagian dari psikoanalisa yang dikemukakan oleh Carl Jung. Collective unconsciousness adalah bagian dari unconscious mind yang terdapat didalam manusia dan semua bentuk kehidupan yang memiliki system saraf dan menjelaskan bagaimana struktur dari psyche secara otomatis mengorganisir berbagai macam pengalaman.

Daftar Pustaka
http://fauziaputri.wordpress.com/2013/12/01/global-brain/
http://ezzyerizon21.blogspot.com/2014/01/psikologi-dan-teknologi-internet-tugas_3831.html


Klik blog selanjutnya, untuk lebih dalam lagi membahas mengenai ini, terimakasih
Rifka
Rozana fajrina
Septia Nur Aini
Siti lestari ayu wiputri
Siti Melani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar