Asmaul Husna

Ayat-ayat Al-qur'an



Kamis, 11 April 2013

Tata Surya



Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasi.Termasuk planet,orbit,dan jutaan benda langit (meteor,asteroid,komet,dll).

BINTANG
Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).
Matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium. Matahari termasuk bintang berwarna putih yang berperan sebagai pusat tata surya. Seluruh komponen tata surya termasuk 8 planet dan satelit masing-masing, planet-planet kerdil, asteroid, komet, dan debu angkasa berputar mengelilingi Matahari. Di samping sebagai pusat peredaran, Matahari juga merupakan sumber energi untuk kehidupan yang berkelanjutan. Panas Matahari menghangatkan bumi dan membentuk iklim, sedangkan cahayanya menerangi Bumi serta dipakai oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Tanpa Matahari, tidak akan ada kehidupan di Bumi karena banyak reaksi kimia yang tidak dapat berlangsung.

PLANET
Planet adalah suatu benda gelap yang mengorbit sebuah bintang (matahari). Dalam tata surya kita, didasarkan pada bumi sebagai pembatas, planet dibedakan menjadi 2, yaitu :
1. Planet Inferor: yaitu planet yang orbitnya berada didalam orbit bumi mengelilingi matahari (Merkurius, Venus).
2. Superior: yaitu planet yang orbitnya berada diluar orbit bumi mengelilingi matahari (Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, **Pluto).

KOMET
    Komet merupakan kumpulan bongkahan batuan yang diselubungi kabut gas, ketika mendekati Matahari Komet mengeluarkan gas yang bercahaya pada bagian kepala, dan semburan cahaya pada ekornya. Diameter komet termasuk selubung gas ±100.000 km.
Komet semakin dekat dengan Matahari, makin besar tekanan cahaya Matahari yang diterimanya dan semakin panjang ekornya.
    Ekor komet terdiri CO,CH dan gas labil CH2 dan H2O komet dalam bahasa Yunani artinya bintang berekor dan komet ini adalah benda angkasa yang tidak padat terbentuk dari pecahan bahan yang sangat kecil yaitu debu, temperatur dengan gas yang sangat tipis, sehingga gaya gravitasinya sangat lemah.
     Ada dua jenis komet yaitu :
1.Komet berekor
Komet berekor yaitu komet yang lintasannya berbentuk elips, komet ini bila lintasnya dekat dengan Matahari akan melepaskan gas yang diabsorsi di daerah dingin untuk membentuk ekor.
2.Komet tak berekor
Komet tak berekor, yaitu komet yang lintasannya sangat pendek sehingga tidak memiliki kesempatan mengabsorsi gas di daerah dingin, pada mendekati Matahari komet ini membentuk koma dan ekor.

ASTEROID
   Asteroid merupakan materi batuan yang kedudukannya terletak diantara Mars dan Yupiter. Materi dari Astroid tersebut sebagian gagal menjadi planet karena adanya gaya gravitasi Yupiter yang sangat kuat dan berlangsung secara terus menghancurkan sebagian materinya. Akibatnya hamparan materi itu menjadi sabuk asteroid, yang sekarang menjadi bongkahan cincin raksasa dan serpihan batuan.
   Asteroid menempati sabuk utama yang berada diantara orbit Mars dan Jupiter. Asteroid pertama kali ditemukan 1 januari 1801. Di antara pecahannya batuan terbesar dinamakan Ceres yang bergaris tengah 480 mil,mengelilingi Matahari dalam waktu 4,5 tahun.
   Asteroid juga merupakan benda angkasa yang ukurannya kecil jumlahnya milyaran. Asteroid sendiri berupa batu-batuan yang juga bergerak mengelilingi Matahari, ukurannya sangat kecil atau istilah yang lainnya disebut sebagai bintang kerdil dengan diameter lebih dari 240km.

METEOR, METEORID, dan METEOROID
1. Meteor adalah Asteroid yang masuk kedalam atmosfer bumi dan menjadi panas dan berpijar karena gesekan dengan atmosfer bumi. Orang biasa menyebut benda ini sebagai bintang jatuh.
2. Meteorid adalah sisa-sisa meteor yang dapat mencapai permukaan bumi. Sedangkan ,
3. Meteoroid adalah batuan dalam ruang antar planet yang berukuran kecil hingga sedang (sebesar gerbong kereta api).
  
Semua hal di dunia ini tentu mempunyai perbedaan,karena perbedaan itu indah membuktikan bahwa di dunia ini penuh akan ilmu,dan banyak hal yang harus kita ketahui,Bintang terlihat kecil karena letaknya jauh kecuali bintang (matahari).Komet ,yang biasa orang sebut bintang berekor tetapi kenyataannya, itu adalah akibat terlalu dekatnya dengan cahaya matahari dan kemudian melepas gas yang diabsorsi di daerah dingin untuk membentuk ekor.Asteroid merupakan benda angkasa yang ukurannya kecil jumlahnya milyaran. Asteroid sendiri berupa batu-batuan yang juga bergerak mengelilingi Matahari, ukurannya sangat kecil,dan terletak diantara Mars dan Yupiter. Banyak perbedaan yang terletak pada tata surya,baik pembentukannya,fungsi,letak,dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar